____DiNDa ONg's SiTE____



Ponorogoku Yang Kaya Dan Melimpah

seni reyog

Ponorogo adalah sebuah kabupaten yang terletak di sebelah timur propinsi Jawa Timur. Kota kecil seluas 1.371,78 km persegi ini berbatasan dengan Kabupaten Madiun di sebelah utara, Kabupaten Pacitan di sebelah selatan, Kabupaten Trenggalek di sebelah timur dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Hanya sebuah kota kecil tapi namanya sudah dikenal di seantero jagad. Kesenian REYOG nya yang memukau dan tidak ada duanya itu yang membuat Kota Ponorogo terkenal di dunia. Bukan hanya itu saja tapi masih banyak kekayaan-kekayaan lain yang tersimpan di Kota Ponorogo.

Mulai dari hal yang kecil saja dulu, Ponorogo adalah sebuah kota yang penuh dengan kedamaian. Penduduk yang ramah tamah, hidup rukun, aman dan damai walaupun mereka datang dari status ekonomi yang berbeda-beda. Beraneka ragam mata pencaharian penduduk Kota Ponorogo. Kota Ponorogo terkenal dengan motto Resik, Endah, Omber, Girang Gemirang atau yang disingkat REOG. Namun seiring dengan beralihnya kursi kepemimpinan di Kota Reyog maka motto itu kini berubah menjadi Ponorogo Mukti Wibowo. Kotanya yang bersih dan indah, terbukti dengan diterimanya piala bergilir ADIPURA oleh Kota Ponorogo beberapa tahun yang lalu. Selain itu bangunan-bangunannya pun tertata rapi walaupun masih ada sebagian kecil yang berserak dan keluar dari jalur sebenarnya, namun hal itu tidak mengurangi keindahan Kota Ponorogo.

Ponorogo mempunyai agenda tersendiri untk memeriahkan tahun baru Muharram ini. Salah satunya Grebeg Suro, sebuah acara yang terdiri dari beragam agenda kegiatan dari berbagai jenis festival, lomba, pameran, kirab pusaka dan upacara-upacara khusus yang akan di gelar nantinya. Sebulan sebelum datangnya Grebeg Suro ini gemanya pasti sudah terdengar meriah sekali. Biasanya acara akan dimulai dengan lomba-lomba kecil semisal tilawatil Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan pameran-pameran bonsai, lukisan, kerajinan dan industri. Yang tak kalah meriah lagi acara festival reyog tingkat nasional, yang pasti dihadiri oleh wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara. Dan yang tak mau ketinggalan Kirab Pusaka yang sudah menjadi acara wajib memeriahkan Grebeg Suro. Serta yang terakhir sebuah acara puncak yaitu ritual khusus Larung Risalah Do’a yang digelar di obyek wisata Telaga Ngebel pada tanggal 1 Suro / 1 Muharram. Begitu semarak sekali. Selain Grebeg Suro masih ada lagi kesenian tradisional yang lain yang mungkin sudah jarang digelar yaitu kesenian gajah-gajahan, odrot, dan kongkil.

Siapa yang belum pernah mencicipi nikmatnya nasi pecel atau

gethuk golan

gethuk golan

gurihnya sate ayam??? Silahkan datang ke Kota Reyog Ponorogo pasti anda akan menemukan kelezatan itu disana. Pulang dengan membawa oleh-oleh Jenang Mirah Josari Jetis yang konon telah berhasil menembus pasaran internasional. Menikmati manisnya gethuk golan khas dari Desa Nggolan, Kecamatan Sukorejo. Seharian muter-muter Kota Ponorogo capek, haus??? Mampir saja di warung dawet jabung yang sekarang sudah banyak terdapat di sudut-sudut kota. Waaaaahhhh….. seger tenan!!!! Mau pulang tapi kok rasanya oleh-oleh buat keluarga di rumah masih kurang, jangan khawatir masih banyak lagi yang bisa dibawa pulang, tempe kripik khas Kecamatan Balong, ada juga kripik singkong, kripik pisang dan alen-alen yang khas Ngrayun itu. Lengkap bukan???

Tugas kantor yang menumpuk, tugas kuliah yang sudah ngantri panjang kayak kereta api, atow ulangan-ulangan yang bikin pusing tujuh keliling, pasti bikin strees tuh… refreshing yuuukkk…!!! Kota Ponorogo juga menawarkan beberapa obyek wisata alam yang menawan diantaranya Telaga Ngebel, Taman Wisata Ngembak, Wisata Kucur di Badegan, Sendang Tirto Waluyojati atau lebih dikenal dengan nama Sendang Sooko, Air Terjun Toya Marto Ngebel, Air Terjun Pletuk Sooko, Gua Lowo Sampung, dll. Namun ada satu hal yang disayangkan, dari beberapa wisata alam itu banyak tidak terurus dan fasilitasnya kurang sehingga wisatawan pun enggan untuk berkunjung.

Sebagian besar penduduk Kota Ponorogo menganut agama Islam, sehingga banyak tempat-tempat bersejarah islam yang bisa dijadikan alternatif tujuan wisata. Sebut saja Masjid Agung di barat Aloon Aloon Kota Ponorogo, Makam Bathoro Katong di Kota Lama, Masjid Tegal Sari Jetis, Makam Astana Srandil, Makam R.Jayengrono Pulung,

makam R.Jayengrono Pulung

makam R.Jayengrono Pulung

Makam Merto Hadinegoro Tajug, Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Pondok Pesantren Arissalah Slahung, Pondok Pesantren Almawaddah, Pondok Pesantren Ngabar Siman, dan Pondok Pesantren Kyai Hasim Ashari yang terletak di kecamatan kota. Dan masih banyak lagi yang lain yang mungkin penulis belum tahu.

Ini dia yang lagi gencar-gencarnya di kembangkan di Kota Ponorogo , obyek agro wisata. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau yang satu ini pasti berhubungan dengan tanaman. Ya tepat sekali, agro wisata Kota Ponorogo yang terkenal adalah Ngebel dengan beraneka ragam buah-buahan segarnya ada durian, manggis, dan

durian Ngebel

durian Ngebel

mangga gadung yang super manis itu. Jeruk keprok Pulung yang rasanya memang sudah diakui jempolan dan bahkan sekarang merambah ke budidaya penanaman dragon fruit (buah naga) di daerah Pulung juga. Berbagai macam sayuran seperti kobis, wortel, seledri, bawang merah, kacang yang dihasilkan oleh Kecamatan Pudak yang hawanya memang dingin seperti daerah Sarangan Magetan.

jeruk pulung

Sedikit berbagi pengalaman, dulu saya dan teman-teman kos kecanduan sama yang namanya nongkrong di angkringan di tepi-tepi jalan yang kini sudah tersebar luas disepanjang jalan Kota Ponorogo. Tidak hanya nongkrong sambil melamun saja tapi sambil menikmati indahnya suasana malam hari di kota Reyog. Indah banget dan cukup berkesan juga. Kalau sudah bosan nanti naik motor keliling kota habis itu puncaknya nyampir di pojokan Aloon Aloon melihat Sasana Praja, Graha Krida Praja dan Singa yang tetap tegar berdiri kokoh itu. Cukup simpel dan tidak perlu banyak modal, modal dengkul saja sudah bisa.

Graha Krida Praja
Graha Krida Praja

Itu dia uraian panjang lebar tentang kekayaan serta keindahan Kotaku Ponorogo tercinta. Sedikit tambahan lagi tentang peran serta Kota Ponorogo dalam meningkatkan income negara, kok jauh banget yaaaaa??? Entah banyak yang menyadarinya atau tidak bahwa sekarang ini banyak sekali warga Ponorogo yang bekerja sebagai TKI di negeri orang baik itu lelaki ataupun perempuan, menambah devisa negara bukan??? Berlawanan dengan fakta tersebut, masih banyak kader remaja Ponorogo yang berusaha keras memajukan kota reyog tercinta. Mereka adalah remaja-remaja yang pada dasarnya melek tekhnologi. Mereka memperkenalkan Ponorogo di dunia maya dengan membentuk suatu komunitas. Diantaranya ada KOTAREYOG.COM dan PONOROGOZONE.COM, walaupun secara resmi Ponorogo juga mempunyai website sendiri yaitu PONOROGO.GO.ID

Sebagai seorang yang lahir dan besar di Ponorogo saya merasa cukup bangga dengan prestasi yang telah diraihnya, dan rasanya Ponorogo sudah menjadi bagian dari hidup saya.

Ponorogoku go…go…go… cayoo!!!

Sumber :

Advertisements

Trackbacks & Pingbacks

  1. Lomba Nge-BLOG 2008 | Kotareyog.com pingbacked on 8 years, 7 months ago

Comments

  1. Mantap.
    Apresiasi untuk daerahnya.
    Cayo

    salam
    ANTONI PASARIBU
    http://solfegio.wordpress.com

    Posted 8 years, 7 months ago
  2. * Jiban says:

    ada durennya….wow…

    ponorogo… daerah asal reog… adikku seneng banget ama kesenian reog…

    Posted 8 years, 7 months ago
  3. * Hendrawan says:

    Saya lebih suka menggali mitos dibalik Reog Ponorogo…

    Posted 8 years, 7 months ago
  4. * denologis says:

    hem,,,,
    kayaknya ada yang perlu diedit deh….
    tegalsari itu ada di jetis lho….

    Posted 8 years, 7 months ago
  5. * septarius says:

    seluruh indonesia tahu , ponorogo adalah kota reog.
    riview yg cukup lengkap, good job ^^

    πŸ™‚

    Posted 8 years, 7 months ago
  6. * meylya says:

    wah sep mbak lengkap

    Posted 8 years, 7 months ago
  7. * kweklina says:

    Wah bagus…

    Aku yakin,dengan promosi yang bagus ,daerah-daerah diIndonesia yang memiliki keunikan akan dikunjungi wisatawa.

    Posted 8 years, 7 months ago
  8. * Hejis says:

    Ponorogo kian cantik saat ini. Apalagi amat didukung warganya untuk menjadi kota wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Salam hangat, Cute! Sukses untukmu yang turut mempromosikan Ponorogo. πŸ˜€

    Posted 8 years, 7 months ago
  9. * KAKA says:

    Jangan sekedar apresiasi. Lestarikan semua jenis kebudayaan itu agar tidak lagi diklaim bangsa lain. Reog hanya ada di Ponorogo. Dan, Ponorogo hanya ada di Indonesia. Bukan Ponorogo Malaysia. Kecuali di Ponorogo, itu palsu. Hidup Ponorogo, Hdup Indonesia…!!!

    Posted 8 years, 7 months ago
  10. * annosmile says:

    pengen makan duriannya
    enak deh kayakna

    Posted 8 years, 7 months ago
  11. * Deny says:

    wahh, blum prnah ke sana aku.. *pingin*
    sip mbak, ayo promosi daerah2 kita, ,
    jgn sampe budaya asli diklaim mereka seenaknya..
    hidup reog ponorogo, milik indonesia !!!

    Posted 8 years, 7 months ago
  12. * namakuananda says:

    Sate Ponorogo-e endi ning… mesti kliwat ki.

    nang Bogor laris manis.

    Posted 8 years, 7 months ago
  13. * Hanif says:

    owh, ternyata REOG itu singkatan tho πŸ˜€
    Dulu pernah 3 bulan di sana, tapi kabur dari pesantren πŸ˜€ ha.. ha..

    Posted 8 years, 7 months ago
  14. * phitoosh says:

    amankan budaya di negerikita…

    Posted 8 years, 7 months ago
  15. * underdos says:

    wah gw belum pernah uy ke ponorogo, kapan ya ngajak jalan dinda ;))

    Posted 8 years, 7 months ago
  16. * cikeledut says:

    undang undang ponorogo dan ponoaksi..

    *digampar rakyat pnorogo*

    Posted 8 years, 7 months ago
  17. * ario saja says:

    dulu waktu KKN sempat juga ke Ponorogo mampir ke rumah temen, tapi ke kota nya blom

    Posted 8 years, 7 months ago
  18. Tulisan yang bagus sekali … banyak yang saya pelajari dan ketahui tentang Ponorogo yang belum pernah saya kunjungi… Informasi ini mampu menarik saya untuk pengen berkunjung ke sana… ditunggu Info selanjutnya….

    Posted 8 years, 7 months ago
  19. * aR_eRos says:

    kok jadi lapar ya *liat gethuk golan*

    kalo masuk nominasi musti datang ke gathering lo, kalo ndak datang, di disqualified hehe. meski ndak masuk nominasi , sayah emang rencana mau maen ke PO tanggal 27 entar, insyallah.

    Posted 8 years, 7 months ago
  20. * arifudin says:

    sukses ya….:)

    Posted 8 years, 7 months ago
  21. * Raffaell says:

    Dimalaysia ada juga Reog ginian, mereka mengklaim ini adalah salah satu kebudayaan mereka juga, ternyata orang yang maenin nya orang jawa, bukan orang melayu, tapi dah dapet permanen residen, huhuhuhuhu

    Posted 8 years, 7 months ago
  22. * ardhietechno says:

    emang hurang malay hurang nak rusuh pak cik

    Posted 8 years, 7 months ago
  23. * ardhietechno says:

    Manstab….go gog ogog gog ready go…Ponorogo go
    emang hurang malay hurang nak rusuh pak cik

    Posted 8 years, 7 months ago
  24. * det says:

    wes ganti yu saiki solgane, dudu REOG maneh, tapi PONOROGO MUKTI WIBOWO

    Posted 8 years, 7 months ago
  25. * aRai says:

    keliatan kalo lagi kangen kampung halamannya yah … hehe

    Posted 8 years, 7 months ago
  26. * Lyla says:

    wah.. aku pernah ke trenggalek lewat ponorogo sayangnya malam2 jadi gak tau kyk apa kotanya πŸ™‚

    Posted 8 years, 7 months ago
  27. * doelsoehono says:

    Salam….

    walah kerent banget ….mengabadikan budaya jangan sampai musnah oleh kemajuaan jaman .
    jaman ini jaman sudah edan budaya timur sering di tinggalkan

    salam ….Bandung jabar

    Posted 8 years, 7 months ago
  28. * pututik says:

    salut artikelnya cukup mewakili dgn ornamen maupun penjelasannya. saya sendiri tertarik dengan reognya yang ukurannya lebih besar dari yang pernah digelar di solo. dan tertarik juga pada duriannya πŸ˜€

    Posted 8 years, 7 months ago
  29. * suwung says:

    tulisane ebad tenan

    marai pengen mulih niliki anak bojo

    semoga menang ya

    Posted 8 years, 7 months ago
  30. * suwung says:

    tulisanku mlah dianggap hoax nasip nasip

    Posted 8 years, 7 months ago
  31. * Red Dog says:

    tulisannya bagus ^^ tapi sekarang reog ponorogo diklain sebagai milik malaysia…..

    Peace and Love
    Red Dog

    Posted 8 years, 7 months ago
  32. * kumiz says:

    mantap banget tuh pecel ponorogo…
    jadi laper *berharap ada yang traktir*

    Posted 8 years, 7 months ago
  33. * casual cutie says:

    wah…jd pengen jalan2 ke ponorogo nih…

    Posted 8 years, 7 months ago
  34. * boyin says:

    tulisannya enak di baca..moga2 menang deh..

    Posted 8 years, 7 months ago
  35. * abuthoriq says:

    Waruknya apa masih berprilaku homoseks? Khok dibanggakan yaaa, lhaaa suka homo githu. Malu dong?

    Posted 8 years, 7 months ago
  36. sie sukaa banget nonton aksi para pemain reog gmanaa gitu kental dengan seni dan ada aura mistisnya . Mudah mudaha pemerintah bisa terus memajukan kesenian ponorogo,mmmh kalau ke ponorogo dinda jadi guide sie yaaaaaaa

    Posted 8 years, 7 months ago
  37. * hmcahyo says:

    mudah2an gak dicolong sama tetangga kita πŸ™‚
    reognya dah kembali khan?

    Posted 8 years, 7 months ago
  38. * yudha says:

    Wew..ponorogo,, nasi pecel, ama satenya…
    juara dh^^ .. sayang, klo musim ujan ponorogo banjir yah??
    sayang bgt tuh…

    dinda says: mungkin kesadaran masyarakat akan kebersihan kurang kaleeeeeeee

    Posted 8 years, 7 months ago
  39. * arafi says:

    iihh,blognya keren,,asik2

    dinda says: *tersipu malu* lha blog ecek ecek gini kog dibilang keren

    Posted 8 years, 7 months ago
  40. * mrpall says:

    ponorogo ternyata kaya yah….da duren….dan reog yg amat menonjol hehehe….salam knal non

    dinda says: ponorogo emang kaya banget om

    Posted 8 years, 7 months ago
  41. * arsyad says:

    sukses buat ponorogo,semoga tambah maju…!key>>.!and jangan lupa kegiatan grebeg suronya setiap tahun, biar tambah rame aja…

    yahhhh emang rame bgtdzzzz kog

    Posted 8 years, 7 months ago
  42. si ganteng dari babatan ponorogo ki, eh saiki dadi artis ibukota weleh weleh weleh.

    dinda says: sapa nieeeeee yeeeeeeeee kog gag ada URL na?

    Posted 8 years, 5 months ago
  43. * didi says:

    maha

    dinda ong says:kog gag diterusin

    Posted 8 years, 3 months ago
  44. * tsan says:

    nikmatnya sate ayam setono…..emmmm ‘mak greeeeng rasane ra mekakat.

    Posted 8 years, 1 month ago
  45. * adam rbm fm ponorogo says:

    ponorogo mantap

    Posted 8 years, 1 month ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: