____DiNDa ONg's SiTE____



Shalat Di Kamar Mandi?????

Bukan lagi hal yang tabu buat temen-temen “muslim” seprofesiku (TKW), terutama mereka yang merantau di Hong Kong. Kok bisa yach???

Mayoritas mereka bekerja dengan orang non muslim dan tidak jarang mereka melarang pembantunya untuk menjalankan ibadah agamanya, atau secara kasarnya “di murtadkan untuk sementara”. SADIZzzz……

Keinginan yang kuat untuk selalu dekat dengan Nya, banyak temen-temen yang nekat “mencuri” kesempatan untuk menjalankan shalat walaupun g bisa lengkap sampai 5 waktu. Sebisa mungkin. Ada yang berhasil g ketahuan ma si boss dan ada juga yang “gatot” alias gagal total sampe harus di transfer lagi ke agency. KEJAMmmmmm……

“Mencuri” disini bukan hanya mencuri waktu tapi juga mencuri tempat. Bisa bayangin g kalo semua sudut ruangan ada kamera yang siap memantau gerak gerik kita, mana lagi tempat yang bisa dicurikalo g kamar mandi!!!!!

Kamar mandi buat shalat??????? Yang bener aza neee????

EEEEeeeeiiiitzzzzz, jangan negatif thinking dulu, ini kamar mandi g sembarang kamar mandi tapi kamar mndi yang standar luar negeri g seperti kamar mandiku di kampoenk ku. Ada bath up, toilet alias jamban duduk (lek nek kampoenk khan ndodok umum’e), ada sink (sing biasane buat gosok gigi kae lowww). Ditambah lagi syaratnya, setiap habis pake lantai kamar mandi harus kering seperti semula.

bersih khaaaaaaannnnn????

Sooo, shalat di kamar mandi???? kenapa g?????

Masalahnya sekarang, sah ato ga shalatnya???? Kalo itu wa’allahu alam, karena mereka cuman berusaha untuk selalu dekat dengan Nya dan itulah jalan yang bisa mereka tempuh.

Kalo menurut temen temen gimana nee, sah ga????

Advertisements

Trackbacks & Pingbacks

Comments

  1. * Agustian says:

    Salut!!
    Iman memang harus dipertahankan..
    Mudah2an Allah SWT memberikan kelapangan2 lebih selama berjoeang disana amin..

    Salam

    makacih banyak tazz do’a nya

    Posted 8 years, 8 months ago
  2. * elfrieda says:

    Kalau sudah sifatnya darurat dan udah diupayakan sholat di tpt yg seharusnya tp msh ga bs juga, insyaallah sah-sah aja non…Allah akan memaklumi hamba-Nya…selalu istiqomah (tetap sabar dn konsisten) dengan agama kita, jgn sampe kejual hanya gara2 urusan dunia. Kalo memang kita terkondisi hrs krj dg org non muslim yg ga pengen kita sholat, hrs dicari cara utk tetap melaksanakan kewajiban qt sbg muslim, insyaallah Allah mudahkn jalannya

    Salam hangat

    ya getu lah mbak, sebisa mungkin dilakukan jangan sampai lupa apalgi terlena dengan nikmatnya meraih dollar

    Posted 8 years, 8 months ago
  3. * chandra says:

    Sudah sebegitukah ? Kemana perhatian pemerintah kita ? Yang sabar ya ..

    aparat yang bersangkutan duduk manis menikmati devisa dari para TKI. Weh lek g sabar jare g entuk dollar mas

    Posted 8 years, 8 months ago
  4. * pakdejack says:

    menurutku sih sah sah aja.. kan kondisinya darurat..

    wahh iyo pak dhe

    Posted 8 years, 8 months ago
  5. meskipun aku bukan tuhan hehehe
    tak jamin deh mbak, sah sholatnya asalkan di ikuti dengan niat yg tulus juga…
    apalah arti sebuah tempat, klo tidak diikuti dengan niat yang tulus

    emang bener niat itu yang paling penting untuk yang lain na sekian sekian

    Posted 8 years, 8 months ago
  6. * andri says:

    meskipun aku bukan tuhan .

    tak jamin sah deh mbak asalkan di ikuti juga dengan niat yang tulus lho yah

    apalah arti sebuat tempat klo tidak diikuti dengan niat yg tulus

    kog sama lagi…… 😉

    Posted 8 years, 8 months ago
  7. * yodama says:

    mendingan cari lingkungan kerja yg kondusif. ‘kerja’ nyaman, ibadah jg tenang. 🙂

    Dan salah satu syarat sahnya sholat adalah bersih dr hadats kecil, maksudnya dg wudhu, dan bersih dr hadats besar, maksudnya dg mandi jinabat, serta bersih dr kotoran, maksudnya najis baik itu di pakaian atau di badan, atau di t4 sholatnya.

    bagaimanapun kamar mandi khan t4 buang hajat. Jadi bs saja ada kemungkinan najis di kamar mandi tsb.

    Wallahu a’lamu bi al-showaab.

    maunya seeehhh nyari yang kondusif juga tapi kalo udah gag da kesempatan gimana???? najis itu pasti tapi khan diliat dulu toilet yang gimana dulu

    Posted 8 years, 8 months ago
  8. * Itmam Aulia says:

    Assalamu’alaikum
    salam kenal, aku juga sering sholat dikamar mandi loh… di salah satu masjid agung cairo,,, sholat di kamar mandi (baca:kamar wudhu aja dech) udah biasa….

    senasib juga nie

    Posted 8 years, 7 months ago
  9. * pinkparis says:

    Masya Allah, sampe segitunya ya? kejam nian.
    terlepas dari sah atau tidak, upaya kegigihan menjalankan kewajiban benar-benar patut dicontoh.
    Terimakasih sudah diingatkan secara tidak langsung untuk selalu berusaha dekat dengan-Nya.

    ya beginilah kalo mang dah nasib

    Posted 8 years, 7 months ago
  10. * Arsya says:

    Gini loh mbak, untuk syah ato tidaknya shalat tentu Allah yang menentukan… akan tetapi ada tuntunan2 syarat syah shalat yang d ajarkan baginda Rasul..

    Mengenai shalat d kamar mandi… kita kembalikan pada fungsi kamar mandi sendiri… dan apakah kamar mandi tadi berfungsi dengan baik? karena kalo berfungsi dengan baik tentu kamar menjadi menjadi tidak “save” untuk pelaksanaan shalat..

    lantas bagai mana solusi untuk perkara yang mbak dan rekan2 hadapi disana..

    menurut hemat saya, kondisi mbak sudah termasuk pada keadaan darurat.. dengan kata lain.. mbak d berikan keringan dalam gerak-gerik shalat…

    contoh: shalat d kendaraan, 🙂
    Jadi menurut saya.. mungkin mbak bisa melakukan shalat dengan cara duduk, ato pun dengan cara2 yang lain… bahkan dalam satu riwayat.. baginda rasul dan juga ada riwayat yang lain menyatakan sahabat.. shalat sambil berperang.. (artinya bergerak kesana-kemari dan melakukan aktifitas lain, dikarenakan keadaan yang tidak memungkinkan)

    jadi.. mbak bisa saja shalat sambil duduk, ato pura nonton tv ato hal2 lainnya… rasanya ini lebih aman dan sesuai tuntunan.. dri pada d kamar mandi..

    Niat yang baik, harus dilakukan dengan cara yang baik sehingga menghasilkan buah yang baik..

    Allah lah pemilik Ilmu.

    PS:
    Yang patut di jadikan teladan, adalah keinginan mbak untuk melaksanakan shalat, bahkan d keadaan yang terjepit sekalipun… sungguh tamparan bagi kami, saya khususnya yang acap lalai.. karena diberikan kelapangan..

    Doa’ saya agar mbak dan rekan2 disana Istiqomah dan d berikan kesabaran… Shalat dan Sabar sebagai penolong

    Salam dari Nusantara 🙂

    Posted 8 years, 7 months ago
  11. * feri says:

    mati cuma sekali, setelah itu pilihan penerbangan hanya dua, surga atau neraka. Tiket pesawat ke surga bukan perkara ringan… sedangkan ke neraka, ga perlu tiket mba’. Saran saya segera kaji Al Quran Hadits agar lbih paham, toh ini pedoman cara kita berpikir di kehidupan kaum muslim kan? smoga Allah memberi petunjuk Nya. Amin

    makaseeeh ataz saran na maz

    Posted 8 years, 7 months ago
  12. * rawza says:

    emangnya boleh?????

    kamar mandi ntuh kotor jadi kayaknya gak boleh…

    ooooowwwww….. gag boleh yaw?????

    Posted 8 years, 7 months ago
  13. * Gen says:

    rodo telat:

    Semoga para pengambil kebijakan yg mengakibatkan para saudara kita sampai seperti ini, terutama negara yg harus menjamin hak setiap warga negaranya segera di beri hidayah Allah SWT.

    saran dan pendapat diatas saya sangat bagus2
    tetapi akan lebih baik jika,

    Untuk sah tidaknya, sesuai syar’i ato tidak, lebih baik ditanyakan kepada ahlinya

    biarlah semua juga ada masa na sendiri sendiri khan

    Posted 8 years, 7 months ago


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: